Hadir Dalam Kuliah Umum Fispol, Dr. Nur: Fungsi Pemilu Sebagai Respon Atas Kehendak Rakyat

pamflet kegiatan

ACTA DIURNA, Manado – Jurusan Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melaksanakan kuliah umum virtual atau secara daring dengan tema “Asas-asas Pemilu dan Hambatan Implementasi”, Kamis (26/11/20).

Di buka dengan sambutan dari Dekan Fispol Unsrat Dr. Drs. Novie Pioh, M.Si dan menghadirkan pemateri yang sudah ahli dalam bidang kepemiluan yakni Dr. Nur Hidayat Sardini, Dosen Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang pernah menjabat sebagai ketua Bawaslu RI periode 2008-2011, dan Dr. Ferry Daud Liando, M.Si selaku Dosen kepemiluan Fispol Unsrat.

Dalam sambutannya, Dekan Fispol menyampaikan bahwa ada keuntungan yang dapat diambil dari mengikuti kuliah umun ini dan juga menyinggung mengenai pemilu yang ditunda akibat pandemi.

“Jumpa melalui kuliah umum daring ini sudah pasti kita akan mendapat materi-materi yang sangat bermakna dan bermanfaat berdasarkan pengalaman-pengalaman dari pada pembicara.”

foto dekan saat kuliah umum daring

Berdasarkan UU No.7 tahun 2020, Pioh menambahkan bahwa ada pengunduran pemilihan umum dikarenakan Covid-19.

“Juga terkait dengan teori yang berkaitan dengan pemilihan umum yang pada saat ini pada UU No. 7 tahun 2020 dan juga berkaitan dengan keputusan KPU, kita tau bersama bahwa pemilihan umum sebenarnya diselengarakan pada tanggal 23 september tapi ada penundaan oleh karena pandemi covid-19”, sambungnya.

Sebagai narasumber, Dr. Nur Hidayat Sardini yang juga adalah ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2008/2011 memaparkan bahwa dalam demokrasi, perwakilan pemilu hadir untuk memunculkan hak untuk dipilih dan untuk melayani.

“Dalam demokrasi, perwakilan pemilu hadir. Dalam pemilu, rakyat yang menentukan pilihan ialah warga negara yang memenuhi syarat atau persyaratan sebagai pemilih. Inilah yang memunculkan hak untuk dipilih, dan untuk melayani,”

Sardini pun menjelaskan fungsi pemilu yaitu melahirkan apa yang namanya kongres gagasan dalam tahapan kampanye, serta fungsi pemilu yaitu sebagai respon atas kehendak rakyat,

“Dalam pengertian fungsi pemilu disini artinya yaitu melahirkan apa yang namanya kongres gagasan dalam tahapan kampanye. Pemilu fungsinya juga sebagai respon atas kehendak rakyat, memiliki keharusan untuk merespon terhadap kehendak rakyat, dan tidak boleh mengabaikan,” tandasnya.

Kuliah umum virtual ini berlangsung dari pukul 13.00 WITA dan diikuti oleh 215 partisipan.

Peliput: Theresa Mokalu

Editor: Andini Choirunisa, Dhiva Citraningtyas

Comments

Post a Comment