Pererat Tali Persaudaraan, KMK Fispol Unsrat Gelar Pesta Pelindung

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) St. Mikael Fispol

MALALAYANG, ACTA DIURNA – Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) St. Mikael Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado melaksanakan kegiatan Pesta Pelindung, pada Sabtu (03/10/2020).

Mengangkat tema “Mewartakan Kabar Sukacita di Tengah Masyarakat Multikultural Sebagai Kaum Milenial Dengan Semangat Santo Mikael”, kegiatan berlangsung di Gereja St. Theresia Malalayang, Kota Manado.

Ririn Mendala, sebagai ketua KMK mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk lebih mempererat tali persaudaraan diantara keluarga mahasiswa Katolik Fispol Unsrat. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pertama pada kepengurusan yang baru. Ini juga merupakan jembatan untuk menjalin tali persaudaraan, hubungan yang lebih erat dengan adik-adik mahasiswa baru 2020. Karena ini merupakan kegiatan kedua bagi adik-adik mahasiswa baru" ujar Ririn

"Pesta pelindung ini sendiri, dirangkaikan juga dengan pelantikan pengurus yang baru. Harapan saya, semoga pengurus KMK Fispol lebih bertanggung jawab lagi untuk setiap tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan dan bisa membawa KMK Fispol Unsrat kearah yang lebih baik." harapnya.

Menyoal tema kegiatan, Ririn juga menjelaskan manfaat dari Pesta Pelindung, “Manfaat mengikuti kegiatan pesta pelindung, tentunya supaya bisa lebih mempererat tali persaudaraan diantara kita mahasiswa Katolik Fispol Unsrat." tambahnya.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Pesta Pelindung 2020, Veronika Anthony memaparkan makna dari tema kegiatan. Menurutanya kita semua sekarang hidup di dunia yang memiliki beragam perbedaan di antara sesama umat manusia. 

"Apalagi di negara kita Indonesia, keberagaman menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari dari keberagaman budaya, bahasa, suku, hingga agama. Bangsa kita yang  sangat khas dengan corak masyarakat multikultural tentunya memiliki beraneka ragam keindahan hingga permasalahan yang muncul dalam dekade terakhir," ucap Verem

Veren juga menambahkan, dalam acara pesta pelindung KMK Fispol Unsrat St. Mikael ini ditekankan dan diteladani kembali  kepribadian St. Mikael sebagai salah satu dari 3 malaikat agung. St. Mikael yang dikenal sebagai panglima bala tentara surgawi ini memiliki semangat yang sangat tinggi mengenai kebenaran dan pemberantasan segala macam kejahatan.  

"Semangat ini lah yang patutnya kami harapkan dapat dimaknai secara harafiah dan filosofi bagi para mahasiswa katolik terlebih khusus para mahasiswa di KMK Fispol Unsrat. Melihat semangat dan teladan St. Mikael tentunya diyakini dapat menjadi modal yang kuat untuk mahasiswa katolik dalam membela kebenaran hingga memberantas kejahatan mengenai isu perbedaan SARA yang kerap kali terjadi di tengah masyarakat multikultural," ucap mahasiswa semester 5 jurusan Sosiologi itu.

"Tentunya kita sebagai agent of change, mahasiswa diharapkan dapat memberikan teladan bagi masyarakat dalam menghadapi masalah yang melanda keberagaman kita sebagai bangsa Indonesia.” tandas Veren.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa Katolik St.Mikael Fispol. Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini hanya dilakukan selama sehari dengan mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah.

Peliput : Regina Pandeynewu

Comments

  1. Semoga untuk kedepannya KMK St. Mikael Fispol Unsrat lebih solid dalam setiap kegiatan mau itu dalam lingkungan kampus maupun diluar. Tetap semangat keluarga, God BlessπŸ˜‡πŸ˜‡

    ReplyDelete

Post a Comment