Gelar LKMM 2020, Unsrat Siapkan Pemimpin Unggul & Berbudaya

ACTA DIURNA, Manado - Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) 2020 via dalam jaringan (daring), Selasa (27/10/2020).

LKMM kali ini mengusung tema 'Mempersiapkan Pemimpin Unggul dan Berbudaya', dan dibuka dengan sambutan Rektor Unsrat, yang dibacakan oleh Drs. Ronny Gosal, M.Si selaku Wakil Rektor (WR) 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Dalam sambutan tersebut, WR 3 mengapresiasi mahasiswa yang peduli pada kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan kampus.

“Saya mengungkapkan selamat kepada mahasiswa yang peduli pada kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler seperti LKMM, sebagaimana akibat dari globalisasi pada saat ini, mahasiswa perlu dibekali dengan kemampuan menganalisis dan mengantisipasi perubahan yang terjadi dengan membekali diri melalui forum akademis, workshop, pelatihan-pelatihan seperti LKMM, karena pada dasarnya mahasiswa adalah insan akademis,” paparnya.

Gosal juga mengatakan LKMM adalah kegiatan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai kader bangsa, untuk mampu menjadi pemimpin serta bertanggung jawab.

"Masa depan bangsa dan negara ada di tangan saudara-saudara. Demikian pula, masa depan Universitas Sam Ratulangi ada pada saudara-saudara," pungkas WR 3.

Setelah sambutan Rektor Unsrat, peserta LKMM juga mendengarkan penyampaian singkat dari setiap Wakil Dekan (WD) 3 yang ada di Unsrat.

Dalam penyampaian tersebut, WD 3 Fakultas Kedokteran, Dr. Frans Wantania, SpPD berharap mahasiswa dapat menerapkan apa yang mereka dapat di LKMM dalam kehidupan organisasi dan masyarakat.

"LKMM ini merupakan salah satu di mana adik-adik bisa mempelajari baik dari narasumber bahkan juga sesama kalian. Dari LKMM ini, supaya nantinya bisa kalian terapkan bukan hanya pada organisasi kemahasiswaan, tetapi kelak di masyarakat dan juga dapat bermanfaat bagi keluarga kalian," tuturnya.

Akhir kata, Frans memotivasi peserta LKMM agar tidak fokus pada kegagalan, tetapi harus bangkit setiap kali jatuh dalam masalah kehidupan.

"Hidup ini adalah pembelajaran, hidup ini adalah perjuangan. Tidak masalah berapa kali kita jatuh, tetapi yang terutama berapa kali kita mampu bangkit setiap kali kita jatuh dalam hidup ini," tandasnya.

Peserta LKMM Unsrat 2020, dibekali dengan materi-materi dari narasumber yang berkompeten, diantaranya:

1. Arah dan Program Kemahasiswaan oleh WR 3 Unsrat, Drs. Ronny Gosal, M.Si

2. Manajemen Organisasi oleh Dr. Frans Wantania, SpPD (Mantan Presiden Mahasiswa Unsrat)

3. Perkembangan TIK dan Literasi Digital oleh Deputi WR 3 Unsrat, Sherwin R.U.A. Sompie, ST, MT

4. Kepemimpinan yang Efektif oleh Melky J. Pangemanan, S.IP, MAP, M.Si (Mantan Ketua Senat Fispol Unsrat)

5. Komunikasi Organisasi dan Pengambilan Keputusan oleh Dr. Drs. Max Rembang, M.Si

Peliput : Veronika 

Editor : Brien

Comments

Post a Comment