Mendominasi, Fispol Unsrat Juarai Lomba Penulisan Artikel Ilmiah Tingkat Provinsi


(Peserta Lomba Penulisan Artikel Ilmiah 2020)

Manado, Acta Diurna - Surat Keputusan Pemenang Lomba Penulisan Artikel Ilmiah 2020 oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), resmi diunggah di situs Kemahasiswaan Unsrat (http://kemahasiswaan.unsrat.ac.id/) pada Senin (19/10/2020).

Ada total 12 kelompok pengusul artikel yang menjuarai lomba penulisan artikel ilmiah tingkat provinsi ini, diantaranya 6 kelompok dari bidang eksakta, serta 6 kelompok lainnya dari bidang sosial humaniora.

3 dari 6 kelompok pemenang di bidang sosial humaniora, berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Unsrat.

Ketiga kelompok tersebut, antara lain :

1.) Nadia Niode, Febrianto Arifin, Hizkia Wowor (Politik 2019) Mendapat Juara 1.

2.) Fabio Lasut, Naftali Lendway, Arya Pusut (Komunikasi 2018) Mendapat Juara 2.

3.) Meylan Rumengan, Angelina Assa, Marchela Mewoh (Administrasi Bisnis 2019) Mendapat Juara 3.

Nadia cs, mendapatkan juara pertama di bidang sosial humaniora dengan judul artikel, “Membangun Kepedulian Sosial Melalui Pendidikan Karakter dan Akademik Terhadap Anak Putus Sekolah Di Pasar Bersehati Manado”

Kepada Acta Diurna, Nadia Niode merasa bangga dan bersyukur boleh terpilih menjadi juara 1 di ajang “Lomba Karya Tulis Ilmiah” bidang sosial humaniora ini. 

"Kami memilih kegiatan mengajar anak-anak pasar di awal tahun 2020. Kami sadar bahwa kuliah dan belajar di masa pandemi ini, harusnya tidak menghalangi mahasiswa untuk tetap produktif dan membantu sesama. Selain itu, kami juga dapat relasi sosial dengan teman-teman yang punya visi-misi yang sama,” ujar Nadia.

Tidak lupa, mahasiswa aktif ini pun memberi ucapan terima kasih khusus kepada orang-orang terdekat yang telah mensuport mereka.

 “Semakin banyak kesalahan, maka semakin banyak pelajaran yang dapat kami ambil untuk kemajuan kami kedepan. Sebagai bentuk dari rasa terima kasih kami, kami ucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman kelas politik genap 2019 yang sudah mendukung, dan mensupport kami dalam mengikuti lomba penulisan artikel ini,”

“Juga ucapan terima kasih kami ucapkan kepada pembimbing kami mner Dr.Drs. Burhan Niode Ma. Juga kepada kaprodi ilmu politik dr.Drs. A.B Pati Msi. Kepada kajur ilmu pemerintahan dr.Weli Woworundeng S.sos, MSi. Kami sadar sepenuhnya, tanpa dukungan dan semangat dari kalian semua, kami yakin dan kami percaya kami tidak akan menggapai semua ini. Tidak ada keberhasilan tanpa sebuah usaha. Karena dasarnya proses dan usaha tidak akan mengkhianati hasil.” tutup mahasiswa semester 3 itu.

Menanggapi hal ini, Drs. Ronny Gosal, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsrat, turut bangga dan memberi apresiasi atas pencapaian dari mahasiswa yang telah berpartisapasi dalam lomba ini.

“Banyak selamat bagi pemenang Penulisan Karya Ilmiah dari bidang eksakta, dan sosial humaniora. Hadiah yang diterima pemenang, adalah bentuk apresiasi kampus untuk membangkitkan semangat mahasiswa dalam pembuatan karya ilmiah," ucap wr.3

Menurutnya, pelaksanaan Lomba Penulisan Artikel Ilmiah mahasiswa tingkat Sulawesi Utara bertujuan untuk meningkatkan penalaran mahasiswa sebagai bekal memasuki program unggulan Dikti di bidang kemahasiswaan, Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM.

"Harapan saya kedepannya, mahasiswa sudah bisa menghadapi kendala atau hambatan untuk melalui hal-hal yang lebih besar lainnya.” tandasnya.

Adapun, 2 kelompok yang turut membanggakan nama Fispol, memiliki judul artikel penelitian antara lain:

- "Efektivitas Komunikasi Krisis Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Respons Masyarakat Terhadap COVID-19" (kelompok Komunikasi 2018)

- "Perubahan Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Transaksi Online di Tengah Pandemi COVID-19" (kelompok Ilmu Administrasi Bisnis 2019)

Diketahui, lomba ini pun diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa aktif dari berbagai Universitas lain di Sulawesi Utara, seperti kelompok dari Universitas Negeri Manado yang menduduki urutan ke-6 bidang sosial humaniora, serta kelompok Politeknik Negeri Manado yang menempati urutan ke-2 dibidang eksakta.

Peliput : Andini* (Adm-Bisnis-19)

Comments