Cegah Corona, Karang Taruna Desa Lalue Lakukan Penyemprotan Disinfektan

(Karang Taruna bersama aparat Desa)

Acta Diurna - Demi mencegah penularan Covid-19 atau Virus Corona, Karang Taruna Nangaramona (Sinebangen) desa Lalue, Lalue Tengah dan Lalue Utara kecamatan Essang kabubaten Talaud melaksanakan kegiatan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah warga yang ada di tiga desa, Senin (6/4/2020).

Ketua karang taruna nangaramo desa lalue Rendi Bentian S.sos mengatakan penyemprotan ini sebagai salah satu langkah untuk memutus rantai penyabaran virus covid 19

"Kami telah melakukan penyemprotan di hampir seluruh rumah masyarakat dan fasilitas umum  desa lalue yang terbagi di Tiga desa baik dari desa lalue induk, lalue tengah dan lalue utara," ujarnya kepada reporter Acta Diurna.

Rendi juga menjelaskan bahan-bahan disinfektan yang dipakai dalam penyemprotan tersebut sesuai anjuran dari puskesmas essang, "untuk bahan-bahan disinfektan yang kami campur sudah sesuai anjuran dari puskemas essang," tambahnya

Selain itu penyemprotan disinfektan ini adalah inisiatif dari karang taruna dan sudah melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah desa lalue induk, lalue tengah, dan lalue utara

“Tentunya kami selalu mengkordinasikan seluruh kegiatan kami dengan pemerintah desa, apalagi kegiatan yang seperti penyemprotan ini. Dan pemerintah selalu mensupport segala kegiatan dari kami,” tutur Rendi.

Salah satu warga masyarakat desa Lalue induk Frans lekunaung menilai kegiatan ini adalah kegiatan yang positif.

Ini adalah kepedulian pemuda/pemudi karang taruna kepada masyarakat jadi patut diapresiasi dalam pencegahan wabah penyakit, saya juga berharap kepada pemerintah bisa memberikan informasi yang baik kepada masyarakat terkait virus ini, sehingga masyarakat menjadi lebih tenang dan tidak panik,” ujar Frans.

Senada dengan itu, kepala desa Lalue induk, Edison lulage  menuturkan bahwa kegiatan tersebut telah melakukan koordinasi terlebih dahulu.

“Kegiatan ini tentu sudah melaksanakan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah desa lalue induk, dan juga bekerjasama dengan pemerintah desa lalue tengah dan lalue utara tentunya,” tuturnya.

Kepala desa lalue induk juga menambahkan bahwa dari pihak pemerintah sendiri telah melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu. "Dan sebelum dilaksanakannya kegiatan penyemprotan ini  kami juga sudah mensosialisasikannya kepada masyarakat lewat alat pengeras suara," tandas Edison.

Ia juga mengungkapkan bahwa desa lalue induk, desa lalue tengah, dan desa lalue utara sendiri terus melaksanakan tindakan pencegahan penyebagaran virus Covid-19. "Setelah melakukan penyemprotan, kemudian membuat pos penjagaan di ujung kampung tertuma untuk mengawasi setiap orang yang keluar masuk desa,” ungkapnya. 

Terakhir ia menghimbau masyarakatnya agar untuk sementara waktu jangan kemana mana dulu kalau tidak ada urusan yang penting. Apalagi ke luar desa terutama ke kota Melonguane dan Beo bahkan ke tempat-tempat lainnya,” tutup Edison.

Peliput : Oslan Sarimbangun

Comments