Warga Desa Munte Keluhkan Krisis Air, Pemerintah Tanggap Cepat


(Ilustrasi)

Munte, Acta Diurna - Masyarakat Desa Munte, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, mengeluhkan krisis air bersih yang sedang terjadi di desa. Akibatnya, sejumlah kebutuhan pokok warga mengalami hambatan.

Franky H. Wehantouw, salah satu masyarakat di Desa Munte mengungkapkan, krisis air yang terjadi di desa sangat meresahkan masyarakat. Padahal air adalah sumber kehidupan warga untuk mandi, buang air besar, dan kecil.

“Ini sangat meresahkan masyarakat, airnya mati-mati. Padahal air adalah sumber kehidupan manusia. Jadi air itu untuk mandi, buang air besar, dan buang air kecil. Jadi kalau kita perlu buang air besar, kita buangnya dimana? Apa kita harus membuangnya di gunung dan menyekanya dengan daun?" singgung Franky, Jumat (13/03/20).

Frangky juga mengharapkan agar pemerintah lebih memperhatikan persoalan air bersih yang sering terjadi di desa-desa. “Jadi pemerataan air bersih itu juga di perhatikan. Karena ada beberapa titik yang belum mendapatkan air bersih. Dan semoga program dari pemerintah untuk air bersih ini, benar-benar dapat dirasakan masyarakat,” harapnya.

Di sisi lain, Moudy Assa selaku pemerintah desa menuturkan, pemerintah sedang dan sementara memperbaiki masalah ini. Dengan menggunakan anggaran dana desa yang diberikan pemerintah pusat untuk desa.

“Perlahan-lahan pemerintah desa sedang memperbaiki persoalan air bersih ini. Dengan menggunakan anggaran dana desa, yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk desa-desa yang tertinggal,” tuturnya kepada Tim Liputan Karang Taruna Desa Munte.

Program ini adalah salah satu program dari pemerintah pusat dan daerah, yaitu untuk Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamimas), yang sekarang ini sementara dilaksanakan.

“Pemerintah desa bersyukur, kalau kemarin hari air di Desa Munte ini sedang sulit. Tapi puji Tuhan, sekarang ada kemajuan yang sangat pesat yang dilakukan oleh pemerintah desa. Sehingga air bersih di Desa Munte ini kalau dikehendaki Tuhan, semua masyarakat akan mendapatkan air bersih Pamsimas yang sudah diserahtrimakan," tutup Moudy. 

Peliput : Rio, Renaldo, Apong, Wandy
Editor : Tim 1

Comments