Cegah Penularan Covid-19, Karang Taruna Desa Lalumpe Lakukan Penyemprotan Disinfektan

(Doc : Karang Taruna bersama Hukum Tua)

LALUMPE, ACTA DIURNA- Karang taruna Kembang Jaya desa Lalumpe kecamatan Motoling melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di lingkungan warga desa Lalumpe, Selasa (31/03/20).

Ketua karang taruna Kembang Jaya desa Lalumpe Ricardo Bella mengatakan penyemprotan ini sebagai salah satu langkah untuk mencegahnya penularan wabah Covid-19.

“Kami telah melakukan penyemprotan di hampir seluruh lingkungan masyarakat desa Lalumpe baik dari jaga 1 sampai jaga 6,” ujarnya kepada reporter Acta Diurna.

Ricardo juga menjelaskan bahan-bahan disinfektan yang dipakai dalam penyemprotan tersebut sesuai anjuran dari Dinkes Sulut.

“Dan terkait bahan dasinfektan tadi, bahan bahannya memang sudah sesuai anjuran dari dinkes Sulut yakni 10 sendok makan cairan pemutih pakain, 10 sendok makan cairan karbol , 1 tutup pembersih lantai, 5 liter air bersih kemudian dicampurkan dan dimasukan kedalam alat semprot,” ungkapnya.

Selain itu tuturnya, penyemprotan disinfektan ini adalah inisiatif dari karang taruna dan sudah melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah desa Lalumpe.

“Tentunya kami selalu mengkordinasikan seluruh kegiatan kami dengan pemerintah desa, apalagi kegiatan yang seperti penyemprotan ini. Dan pemerintah selalu mensupport segala kegiatan dari kami,” tutur Ricardo.

Salah satu warga masyarakat desa Lalumpe Hizkia Kumajas, S.Pd. menilai kegiatan ini adalah kegiatan yang positif.

“Ini adalah kepedulian kepada masyarakat jadi patut diapresiasi dalam pencegahan wabah penyakit, saya juga berharap kepada pemerintah bisa memberikan informasi yang baik kepada masyarakat terkait virus ini, sehingga masyarakat tenang secara psikis,” ujar Hizkia .

Senada dengan itu, pejabat hukum tua desa Lalumpe Offler Sengkey, S.T.P, M.Si menuturkan bahwa kegiatan tersebut telah melakukan koordinasi terlebih dahulu.

“Kegiatan ini tentu sudah melaksanakan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah desa Lalumpe, dan juga bekerjasama dengan pemerintah desa tentunya,” tuturnya.

Pejabat Hukum tua desa Lalumpe juga menambahkan bahwa dari pihak pemerintah sendiri telah melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu.

“Dan sebelum dilaksanakannya kegiatan penyemprotan ini  kami juga sudah mensosialisasikannya kepada masyarakat lewat alat pengera suara dengan persiapan pihak-pihak keluarga,” tandas Sengkey.

Ia juga mengungkapkan bahwa desa Lalumpe sendiri terus melaksanakan tindakan pencegahan penyebagaran virus Covid-19.

“Untuk sementara tadi sudah melakukan penyemprotan , kemudian membuat portal dan pos penjagaan di ujung kampung tertuma untuk mengawasi setiap orang yang keluar masuk desa Lalumpe,” ungkapnya. 

Terakhir ia menghimbau agar warga masyarakatnya agar untuk sementara waktu jangan kemana mana. “Saya himbau kepada masyarakat agar tidak keluar masuk kalau tidak ada urusan yang penting apalagi ke luar desa terutama ke kota Manado bahkan ke daerah-daerah lainnya,” tutup Sengkey. 

Peliput : Andre Merentek
Editor : Tiara 


Comments