Tahapan Kongres DPM dan Pemilihan BEM Fispol Dimulai

(Pengurus DPM saat mensosialisasikan di kelas-kelas)

Unsrat, Acta Diurna - Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) bersama Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM), melakukan sosialisasi guna menjaring pengurus DPM yang baru, sekaligus mensosialisasikan pencalonan calon ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Kamis (20/02/2020).

Kepada Acta Diurna, Renaldo Garedja selaku ketua DPM tahun 2019-2020 mengungkapkan tentang penjaringan dan sosialisasi yang dilakukan bersama KPUM.

"Jadi untuk jumlah yang disosialisasikan untuk hari ini, hari Kamis baru sekitaran 11 kelas dan itu otomatis baru 11 delegasi kelas," ujar ketua mahasiswa yang akrab disapa Naldo tersebut.

Renaldo juga berharap kepada calon pengurus DPM yang baru agar lebih aktif dalam melihat permasalahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

"Ya, lebih pro aktif melihat permasalahan di Fakultas Ilmu sosial dan Politik kemudian untuk yang nanti terpilih di pengurus yang baru, harus lebih aktif jangan cuma datang kongres setelah kongres ilang," ungkapnya.

Alicia Octaviani selaku ketua KPUM  juga memberikan tanggapannya tentang kendala selama penjaringan delegasi tiap kelas yang dilaksanakan pada Kamis, (20/02/20).

"Kendalanya sih yang pertama rasa acuh, maksudnya mahasiswa yang kadang skeptis untuk terlibat dalam organisasi kampus seperti DPM, padahal ini kan penting juga sebagai perwakilan kelas masing-masing, jadi ketika kita skeptis kita tidak tau apa yang harus kita bangun, perwakilan itu harus membuar sesuatu untuk Fispol lebih baik kedepan," ungkap Alicia.

Ketua KPUM juga menjelaskan kegiatan selajutnya yang akan dilaksanakan setelah melakukan penjaringan di tiap-tiap kelas yang ada.

"Kita akan membuka registrasi, cuman dalam waktu dekat mungkin hari Senin ataupun Selasa yang pasti itu minggu depan," tambahnya.

Alicia juga memberikan harapan agar pemilihan yang akan di laksanakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik akan berajalan dengan lancar dan terhindar dari segala kecurangan ataupun hal-hal yang sering mungkin terjadi.

"Yang pasti untuk pemilihan kali ini semoga berjalan dengan lancar, gak ada lagi segala kecurangan ataupun hal-hal yang memang sering terjadi. Dan semoga untuk yang mencalon diri nanti, kiranya betul-betul punya keinginan untuk membangun Fispol menjadi lebih maju lagi," pungkasnya.


Diketahui kongres DPM akan dilaksankan pada hari Jumat 28 Februari 2020. Setelah itu akan membuka registrasi dan pihak KPUM akan menyeleksi berkas yang akan menjadi bakal calon ketua dan wakil ketua BEM yang mendaftarkan diri setelah itu mereka akan memberikan waktu kepada pasangan calon untuk melakukan kampanye.

Reporter: Dickey Ariftia & Andre Marentek 

Comments