Pertahankan Idealisme Jurnalis dari Diri Sendiri



(Foto : Narasumber dan Pengurus Persma Acta Diurna)



UNSRAT, Acta Diurna - Dalam Rangka Memperingati Hari Pers Nasional, Pers Mahasiswa Acta Diurna Fispol Unsrat menggelar Dialog Terbuka dengan tema "Peran Pers Pada Pilkada 2020", kegiatan ini dilangsungkan di Aula Fispol, Selasa (11/2/2020).

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber Isa Anshar Jusuf, yang aktif dibeberapa media online teruma sebagai Penanggung Jawab Manadobacarita, media partner Kumparan.

Isa menekankan hal yang paling penting soal independen bagaimana seorang jurnalis netral di dalam pemberitaan.



"Teman-teman jurnalis mampu memposisikan diri mereka tidak berpihak ke a atau ke b atau ke c dalam isi berita," tegasnya.

Dia juga mengatakan untuk menjaga idealisme seorang jurnalis itu mulai dari diri sendiri dengan tetap mengedepankan kode etik jurnalistik.

"Dari diri sendiri, bagaimana attitude itu sudah terjaga dari awal, kita ini idenpenden dari awal tidak perlu lagi bilang atau bagaimana caranya, intinya dari diri kita sendiri saja," ujarnya.

Diakhir materi dari narasumber, peserta diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau argumentasi, sehingga dialog ini berjalan dengan sangat kondusif.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Asosiasi Ilmu Politik Indonesia cabang Manado ini, dihadiri oleh 70an orang, yang berasal dari beberapa delegasi ormawa Fispol Unsrat, LAM FH Unsrat, Management FEB Unsrat, dan LMP Suam IAIN.(Indah Katuuk)

Comments