Putra Sulut di Jajaran AIPI Pusat 2019-2023


(Foto : Dr. Ferry Liando SIP MIP)

MANADO, Acta Diurna -  Aktif dan serius mendalami kajian  ilmu politik melalui penelitian dan pengajaran, Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISPOL) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado, Dr. Ferry Daud Liando mendapat kepercayaan baru sebagai pengurus pusat Asosiasi Ilmu Politik Indoensia (AIPI).

Tak tanggung-tanggung Liando yang juga sebagai ketua minat Program Pendidikan Tata Kelola Pemilu Pascasarjana Unsrat itu menduduki jabatan yang super strategis yakni Wakil Sekeretaris Jenderal I atau Wa Sekjen I AIPI masa bakti 2019-2023.

AIPI adalah merupakan organisasi profesi yang beranggotakan komunitas para pemikir dan peneliti-peneliti dalam bidang politik se-Indoensia.

Dosen yang juga menjabat staf ahli otonomi daerah Kementerian Dalam Negeri itu akan dilantik bersama dengan sejumlah nama-nama besar yang selama ini dikenal memiliki dedikasi dalam kajian ilmu politik seperti Prof Dr Ryas Rasyid mantan menteri Otda, Prof Dr Pratiknjo menteri Sekretaris Negara, Prof Dr Djohermansya Djohan, Prof Syamsudin Haris, anggota dewan pengawas KPK RI, Prof Dr Muhamad, Ketua KPU RI Arief Budiman, ketua DKPP RI, Dr Gunawan Suswantoro, Sekjen Bawaslu RI, Dr Bernard Sutrisno, Sekjen DKPP RI dan ketua umum Dr Alfitra Salamm sebagai anggota DKPP RI.

Tertkait hal itu Liando mendapat apresiasi dari dosen dan mahasiswa di Fispol Unsrat.

Dr. Alfons Kimbal, S,sos MSI sebagai ketua program studi Ilmu pemerintahan mengapreasi ini karena telah membawa harum nama Sulawesi Utara terlebih Unsrat.

"Sebagai putra daerah bisa terpilih sebagai pengurus AIPI pusat dan juga membawa nama Universitas Sam Ratulangi Manado. Karena AIPI merupakan suatu lembaga ilmiah yang menghimpun ilmuan-ilmuan politik. Karena tidak semua yang bisa masuk dalam kepengurusan stuktural pusat," jelas Kaprodi Pemerintahan.

Dia juga menilai ini pantas didapatkan oleh Dr Ferry kerena jenjang karir pengalamannya telah dibuktikan dan jaringan luas yang dimiliki oleh pengamat politik tersebut.

"Dan ini sangat pantas karena mner Ferry telah menunjukan pengalamannya dan aktivitasnya untuk mendukung kagiatan di AIPI. Karena sebelumnya sudah menjadi pengurus daerah. Kemudian jaringan yang dimiliki dari mner Ferry yang kuat dan sudah terbangun sehingga dari kancah lokal bisa menuju tingkat nasional dan itu terbukti ketika menjadi Wakil Sekjen AIPI pusat," tambah Dr. Alfons.

Selain itu, dosen Fispol lainnya Drs. J. E Kaawoan, MSI juga mengapreasi jabatan baru yang diembankan kepada Kajur Ilmu Pemerintahan, menurutnya ini merupakan suatu kebanggan bagi Unsrat karena untuk menjadi pengurs pusat adalah orang-orang yang profesional di bidang politik.

"Suatu kebanggaan yang sangat besar bagi Unsrat pada umumnya terutama bagi jurusan ilmu pemerintahan karena untuk masuk kepengurusan pusat memang adalah orang-orang yang profesional," ujarnya.

Apreasi dari mahasiswa Ilmu Pemerintahan diwakilkan oleh ketua Himaju Ilmu Pemerintanan, Martin Maringka mengucapkan selamat kepada kajur Ilmu Pemerintahan dan dia juga berharap itu dapat memotivasi mahasiswa.

"Selamat atas terpilihnya kajur ilmu pemerintahan unsrat Ferry Liando sebagai sekretaris AIPI. Kiranya dengan prestasi ini bisa membantu dan memotivasi mahasiswa khususnya jurusan Pemerintahan dalam peningkatan kualitas keilmuan di era yang sudah sangat kompetitif ini," ucap mahasiswa Prodi Ilmu Politik itu.(Redaksi)

Peliput : Tiara Piri
Editor : Mineshia Lesawengen

Comments