Pemanfaatan Media Sosial Melalui WHATSAPP Sebagai Sarana Komunikasi Keluarga

Hasil gambar untuk menggunakan whatsapp

Pemanfaatan Media Sosial Melalui WhatsApp Sebagai Sarana Komunikasi Keluarga.

Penulis : DRA. EVA ALTJE MERENTEK, Msi

Dengan perkembangan teknologi digital khususnya media sosial telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia, tidak terkeculi dalam kegiatan komunikasi. Aplikasi  whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh berbagai macam kelompok masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali bagi ibu-ibu yang sedang meluangkan waktunya, memanfaatkan aplikasi whatsapp.

Seorang ibu berperan sebagai sarana komunikasi keluarga untuk memberi pemahaman yang utuh dalam keluarga. Melalui sarana media sosial seorang ibu memiliki peran penting dalam membentuk pengetahuan dan konsep diri dalam membangun keluarga yang mandiri dan memiliki pengetahuan. Kebutuhan berinteraksi dalam komunikasi keluarga diangggap penting sebagai sarana untuk memberikan informai, serta wawasan pengetahuan dalam keluarga untuk dapat berkomunikasi.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada ibu-ibu rumah tangga tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik melalui media sosial khususnya melalui whatsapp sehingga diharapkan dengan cara berkomunikasi yang intens akan dapat membentuk keluarga yang harmonis.

Melalui pelaksanaan metode penyuluhan dan ceramah yang dilakukan telah menunjukkan pelaksanaan kegiatan ini membuktikan bahwa dengan menggunakan Media Sosial melalui Whatsapp, secara positif sangat berguna dan bermanfaat sebagai media informai bagi para ibu-ibu rumah tangga dalam melaksanakan berbagai aktifitas. Sedangkan dari segi negatif bahwa penggunaan media sosial dapat memicu konflik didalam lingkungan keluarga. Sebab para ibu rumah tangga ketika sudah ketagihan dengan media Hand Phone dan menggunakan whatsapp, seringkali sudah lupa dengan kewajiban didalam rumah tangga atau mengurus keluarga. Padahal antara peran ibu rumahtangga sebagai pengatur didalam keluarga harus memperhatikan beragai kebutuhan didalam keluarga. Ibu-ibu membrikan peran penting sebagai benteng pertahanan didalam menjaga keharmoisan keluarga, apabila seorng ibu tidak dpat berperan maka aktivitas didalam keluarga akan mandeg. Oleh karena itu penggunaan media sosial harus perlu memperhatikan adanya keseimbangan didalam di dalam keluarga.

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Keberadannya mempermudah setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia, tidak terkecuali dalam kegiatan komunikasi untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Bermula dari keberadaan telepon yang hanya berfungsi komunikasi jarak jauh melalui suara, berkembang menjadi handphone/telepon genggam yang memiliki tambahan fitur/aplikasi berbasis pesan teks. Kini semakin dikembangkan dengan diciptakannya berbagai fitur/aplikasi berbasis teks/messenger seperti Line, Whatsapp, Kakao talk, hingga LiteBig. Berbagai macam macam aplikasi messenger tersebut tidak hanya dapat mengirimkan pesan teks namun juga  dapat melakukan video call,  bahkan dapat mengirimkan macam-macam file seperti gmbar, video, suara dan dokumen.

Kebutuhan akan berinteraksi sosial dirasa sangat penting bagi seluruh lapiasan masyarakat, tidak memandang usia, jabatan dan status sosial, terutama bagi kelompok masyarakat. Suatu kelompok masyarakat/komunitas membutuhkan media sebagai srana komunikasi untuk dapat berinteraksi dengan anggota kelompok kelompok yang lainnya tanpa harus berkumpul dan bertatap muka, seperti aplikasi messenger, Line, Whatsapp, Kakao Talk, hingga liteBig,

Aplikasi Whatsapp menjadi aplikasi yang paling diminati kedua, yang digunakan oleh berbagai macam kelompok masyarakat di Indinesia, tidak terkecuali bagi ibu rumah tangga, dimana sebagian besar meluangkn waktunya bahkan sehari suntuk mereka selalu memanfaatkan media seperti Smart Phone sebagai salah satu bentuk kebutuhan yang paling diminati.

Melalui artikel  ini maka penulis mengangkat tema PKM yakni “ Pemanfaatan Media Sosial melalui Whatsapp sebagai sarana berkomunikasi didalam lingkungan keluraga khususnya para ibu rumahtangga di Desa Talawaan Atas Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dimanapun dan kapanpun termasuk dalam lingkungan keluarga. Pembentukan komunikasi intensif, dinamis dan harmonis dalam keluarga tentu menjadi dambaan setiap keluarga. Peran keluarga terutama menjadi sarana penting sebagai sarana komunikasi namun dalam pemanfaatan komuniksi didalam keluarga haruslah dipahami dengan baik dan benar oleh etisp ibu rumh tangga. Karena ketika hubungan komunikasi terputus maka akan berdampak kepada masalah-maslah keluarga. Komunikasi keluarga adalah komunikasi yang terjadi dalam sebuah keluaarga, yang merupakan cara seseorang untuk berinteraksi dengan anggota lainnya, sekaligus sebagai wadah dalam membentuk dan mengembangkan nilai-nilai yang dibutuhkan sebagai pegangan hidup. Keluarga merupakan kelompok primer yang paling penting dalam masyarakat, yang terbentuk dari hubungan laki-laki dan perempuan, perhubungan ini berlangsung lama untuk menciptakan dan membesarkan anak-anak. Keluarga dalam bentuk yang murni adalah suatu pengorganisasian yang menggunakan kata-kata, sikap tubuh(gesture), intonasi suara, tindakan untuk menciptakan harapan, image, ungkapan perasaan serta saling membagi pengertian.

Dalam keluarga penggunaan handphone melalui whatsap memang ada keuntungannya, tetapi kendala yang dihadapi melalui penggunaan handphone akan menurunkan intensitas didalam lingkungan keluarga. Misalnya dampak negatif penggunaan handphone melalui whatsapp, hubungan antara suami dan istri tidak lagi e\intens, karena pra ibu seharian memanfatkan waktunya di media  sosial, sehingga lupa dengan pekerjaan utamanya, yakni mengurus keluarga.



Comments