Liando Cs Launching Buku Kepemiluan: Sumbangsih Literasi Tuk Bangsa



Acta Diurna - Dosen dan peneliti kepemiluan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Dr. Ferry Daud Liando bersama sejumlah peneliti dari barbagai kampus melauncing buku dengan judul "Tata Kelola Pemilu di Indonesia". Buku Ini di launching di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, pada Jumat,(20/12/2019).

Buku yang di terbitkan oleh KPU RI ini terdiri dari 3 bagian beser yakni Pengetahuan Kepemiluan Secara Umum, Pedoman Bagi penyelenggara pemilu  dalam pelaksanaan Tahapan Serta Pemahaman Terkait dengan Integritas.

Buku ini disajikan bagi kalangan pembaca seperti Penyelenggara Pemilu, Dosen, Mahasiswa maupun Pegiat Pemilu.

Terkait hal itu, ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulut, Herwyn Malonda mengapresiasi kontribusi seorang ahli Tata Kelola Pemilu dari Sulut dalam penulisan buku tentang Pemilu.

"Sangat di apresiasi sekali dengan launcing buku Tata Kelola Pemilu di Indonesia, dimana salah satu penulis buku adalah Dr. Ferry Liando yang membuat citra Unsrat sangat baik, temasuk bagi penyelenggara pemilu di Sulawesi Utara," tuturnya saat diwawancarai melalui Via Telepon pada, Jumat (20/12/2019).

Malonda berharap buku tersebut bisa menjadi pemicu bagi kalangam pembaca ketika membaca buku tersebut.

"Jadi trigger bagi akademisi, bahkan pegiat pemilu untuk mengikuti jejak dari bung Ferry," ujar Malonda.

(Foto : Para Penulis Buku Tata Kelola Pemilu di Indonesia)

Senada dengan itu, Meidy Tinangon, SSi, MSi selaku Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut memberi apresiasinya karena bangga terbitnya buku tersebut yang bisa dijadikan referensi kepemiluan.

"Bangga karena buku ini akan menjadi referensi utama Tata Kelola Pemilu di Indonesia," katanya.

Tinangon bangga karena salah satu penulisnya dari sulut, hal ini menunjukkan bahwa akademisi yang ada di sulut itu mampu dipakai sampai tingkat nasional.

"Lebih bangga lagi karena salah satu penulisnya dari sulut, Dr.  Ferry Daud Liando,  SIP,  msi.  Hal ini menjadi pembuktian bahwa akademisi Sulut dipercaya di tingkat nasional," apreasi Tinangon.

Selain Liando, penulis lainnya adalah Pramono U Tanthowi, anggota kpu RI. Titi Anggraini direktur Perludem. Ferry Rizkiansyah Mantan anggota kpu RI, Mada Sukmadjati dosen UGM, Aditya perdana dosen UI, Kris Nugroho dosen Unair, dan Benget Silitonga anggota KPUD Sumatra utara.(Mineshia)

Comments

Post a Comment