Hebat, Unsrat Masuk Semifinal Debat Pemilu Nasional

(Foto : Peserta dari Unsrat dan Dewan Juri)

Acta Diurna - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar kompetisi Debat Hukum Pemilu Tingkat Nasional, yang dilaksanakan mulai Sabtu hingga Senin (14-16 Desember 2019) di Ancol, Jakarta Utara.

Kegiatan tersebut sebagai ruang bagi mahasiswa menyampaikan gagasannya terkait kepemiluan, hal ini disampaikan oleh ketua Bawaslu RI Abhan, SH.,MH saat memberikan sambutan kegiatan Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Perguruan Tinggi se-Indonesia di Jakarta,  Sabtu (14/12/2019).

"Melalui acara kompetisi debat ini, adik-adik mahasiswa dan mahasiswi sebagai perserta debat diberi ruang menyampaikan gagasan-gagasanya terkait dengan kepemiluan, khususnya mengenai penegakan hukum pemilu. Semua itu dilakukan dengan niat untuk memajukan kehidupan berbangsa," tutur ketua Bawaslu RI.

Kompetisi ini diikuti mahasiswa dari 35 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia yang terbagi dari 30 PT Negeri dan 5 PT Swasta.

Salah satunya utusan dari PTN Universitas Sam Ratulangi Manado yang diwakilkan oleh mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unsrat, yang sampai saat ini berada pada tahap semifinal.

Terkait hal itu, Wakil Dekan (WD) 3 FH Unsrat, Toar Palilingan, SH.,MH, sangat mengapreasi pencapaian para peserta perwakilan dari Unsrat yang bisa sampai di tahap 4 besar.

"Ketika mendengar ada mahasiswa FH yang mengikuti kegiatan tingkat Nasional, kami sebagai pimpinan sangat bangga dan sangat mengapresiasi apalagi sudah masuk 4 besar dikegiatan yang digelar oleh Bawaslu RI," ucap Palilingan.

(Foto : WD 3 Fakultas Hukum)

Palilingan juga berharap hasilnya bisa lebih baik, dan dia terus mendukung mahasiswa yang ikut lomba debat tersebut.

"Harapan tentu kedepan hasilnya bisa lebih baik dan bisa masuk ke final bahka bisa memeniangkan kompetisi ini, tetap semangat dan lomba saja tanpa beban," support WD 3 Hukum.

Dia juga berharap kedepannya tidak hanya mahasiswa FH Uunsrat yang bisa terlibat dalam momen-momen seperti ini.

"Kedepannya tidak hanya mahasiswa dari FH unsrat tapi dari semua fakultas yang ada di Unsrat bisa terlibat dalam kompetisi yang berskala Nasional ini," tutup Palilingan.

(Foto : Jadwal Kompetisi Debat Semifinal)

Kompetisi debat ini juga menghadirkan Ketua Jurusan Imu Pemerintahan Fispol Unsrat, Ferry Daud Liando sebagai salah satu dewan juri.

Diketahui mahasiswa perwakilan Unsrat antara lain Jose Andre Soehalim, Juhaidy Rizaldy Roringkon, dan Revivo Tulaseket yang ketiganya merupakan mahasiswa FH Unsrat yang tergabung dalam Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi (LDHK) FH. (Mineshia)

Comments