Himapem Godok Nalar Kritis Mahasiswa


(foto panitia dan perserta OMB tahun 2019)
Tondano, Acta Diurna - Himaju Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, melaksanakan Forum Akademik dan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) tahun 2019, yang berlangsung di Lembah Pinus Tondano, Jumat (15/11/2019) - Sabtu (16/11/2019).

Kepada Acta Diurna Martin Maringka selaku ketua Himapem menjelaskan tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya kritis Mahasiswa, inovatif, dan revolusionis dalam mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan zaman

“OMB tahun ini berbeda 180 derajat dengan yang dilakukan sebelumnya, karena orientasinya terlalu besar  kepenggodokan, tapi tahun ini kami buat adalah kaderisasi berdasarkan akademik, artinya bukan sekedar menciptakan pemimpin tapi memberikan pondasi pemikiran kritis  kepada setiap peserta malalui kegiatan yang lebih akademis, misalnya debat, karya tulis, dan mentoring yang membentuk nalar berpikir ilmiah,” tegas Martin.

Selain itu tujuan OMB kali ini, kami berusaha merubah paradigma tentang feodalisme yang selama ini tertanam dalam kultur pemerintahan fisip, dan itu feodalisme itu kami coba hancurkan lewat kritisisme melalui proses mentoring peserta dan panitia. “Hal ini kami maksudkan dengan tujuan,untuk menciptakan jurusan pemerintahan yang lebih beradab dan ilmiah,” ujarNya.

“Kami juga membuka ruang akademik untuk para peserta dengan menstimulus pemikiran, tindakan hingga rasa. Lewat pendidikan karakter yang kami ajarkan, berani tampil dan mampu menyaimpaikan ide serta gagasan yang ada. Sehingga itu boleh menjadi modal mereka untuk menjadi pemimpin di kemudian hari,” beber mahasiswa semester 7 jurusan ilmu politik itu.

Peserta juga dikenyangkan dengan berbagai macam materi yang diberikan oleh Bung Vrenky Muluwere, S.IP, Boy Paparang, S.IP, Dr. Valentino Lumowa, SS,MA, Jafar Noh Idrus, Andre Rumopa, S.IP. (Redaksi)

Peliput : Theresa Mokalu
Editor : Yaya Piri

Comments