Dra. Mudiyati: Indonesia Ideal Dengan Desentralisasi Asimetrik

(Foto : Dra. Mudiyati Rahmatunnisa, MA, PhD)

FISPOL, Acta Diurna - Dra. Mudiyati Rahmatunnisa, MA, PhD yang merupakan Dosen dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung memberikan materi Desentralisasi dan Pengelolaan Sumber Daya Untuk Pembanguna Daerah dalam seminar Pasca Sarjana di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) pada Rabu, (23/10/2019).

Dra Mudiyati mengatakan Indonesia sangat cocok dengan penerapan desentralisasi yang asimetrik.

"Dengan Indonesia sekarang ini sudah seharusnya menurut saya yang paling ideal adalah menerapkan disentralisasi asimetrik, artinya tidak sergam. Karena, masing-masing daerah itu punya karakteristik yang berbeda-beda, punya permasalahan yang berbeda-beda, punya tingkat kapasitas yang berbeda-beda," jelasnya saat di wawancarai pewarta acta diurna usai memberikan materi.

"Karena buat saya asimetrik ini urusannya tidak hanya sampai dilevel pemerintahan daerah tapi itu sampai pada kecamatan, desa sebagai simpul-simpul pelayanan. Jadi orientasi kita adalah memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat mudah, murah, dan cepat," tambahnya.

Dia juga mengatakan kalau materi ini sangat penting bagi mahasiswa ilmu pemerintahan agar bisa tahu konsepnya juga turjun langsung di kepemerintahan.

"Buat saya ini adalah subjek wajib dipahami oleh mahasiswa ilmu pemerintahan.Supaya ketika terjun kepemerintahan harus tahu konsepnya seperti apa karena itu ideal dan pendekatan ilmiahnya,tapi prakteknya juga dia harus tau," tutupnya. (Redaksi)

Peliput : Yaya
Editor : Neshia

Comments