LAM FH Unsrat Periode 2019-2020 Resmi dilantik

Foto bersama pimpinan fakultas, sejumlah elemen mahasiswa dan pengurus LAM yang baru, usai acara pelantikan. 

FAKULTAS HUKUM, ACTA DIURNA - Lembaga Advokasi Mahasiswa (LAM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, masa kepengurusan 2019-2020, resmi dilantik pada Selasa (20/8/2019). Seluruh jajaran pengurus dikukuhkan secara resmi oleh Dekan FH Unsrat, Dr. Flora Pricilla Kalalo, S.H, M.H, di ruangan Thomas Aquinas.

Kepada ACTA DIURNA, Ketua LAM FH, Pascal Toloh, mengatakan kesediaannya untuk berkontribusi bagi seluruh civitas akademika yang ada di Kampus Merah. "Kami sudah siap untuk membantu pihak fakultas dalam mengembangkan sumber daya mahasiswa pada bidang akademik di FH Unsrat. Dengan pengembangan tersebut, secara tidak langsung akan menunjang perbaikan akreditasi fakultas," pungkasnya.

Selain itu, Pascal bersama kepengurusannya optimis untuk bisa mengaktualisasikan seluruh visi dan misinya selama periode kepengurusan berlangsung. "Saya bersama teman-teman pengurus memiliki visi untuk mewujudkan lembaga advokasi mahasiswa di FH Unsrat supaya menjadi organisasi yang responsif dan membentuk kader yang berjiwa idealis serta berkepribadian akademis. Dengan misi untuk melaksanakan kegiatan rutin advokasi, melaksanakan kegiatan rutin akademik dan menciptakan asas kekeluargaan yang kuat," tambah Pascal.

Visi dan misi tersebut, lanjut Pascal, akan diaktualisasikan melalui pelaksanaan program jangka panjang dan jangka pendek. Hai ini berkaitan dengan kegiatan advokasi, akademik dan pengkaderan. Kami juga akan berupaya untuk membentuk sinergitas antara pengurus bersama seluruh kader lembaga advokasi mahasiswa agar bisa sukses untuk merealisasikan seluruh program yang telah dicanangkan.

Sejumlah program kerja yang menjadi prioritas adalah kegiatan-kegiatan pengkaderan, seperti Diklat 2019 dan melakukan advokasi terhadap isu-isu sosial terkini yang terjadi di tengah masyarakat. Juga kami akan melakukan kegiatan advokasi terhadap hak akademik maupun non akademik yang sampai saat ini sedang dibicarakan di lingkungan Unsrat Manado, tandas Pascal.

Jajaran pengurus LAM FH Unsrat periode 2019-2020.
Sementara itu, Demisioner Sekretaris Umum LAM FH Unsrat periode 2018-2019, Kurnia Lumingkewas, menilai ketua dan sekretaris yang dilantik layak untuk menyandang posisi tersebut. Karena mereka telah melalui proses musyawarah mufakat dan tahapan resmi pemilihan organisasi.

"Ketua umum dan sekretaris LAM FH Unsrat yang terpilih pada tanggal 11 Agustus 2019, sudah layak untuk menyandang posisi itu. Karena mereka sudah memenuhi persyaratan organisasi. Pemilihan sendiri dilaksanakan pada konferensi LAM FH Unsrat ke 15 dan ini merupakan sidang tertinggi yang dilaksanakan satu tahun sekali," nilainya.

"Seluruh anggota, pengurus, senior dan alumni LAM FH Unsrat ikut hadir dalam pemilihan pada waktu itu. Untuk menentukan calon ketua umum dan sekretaris, sistem pemilihan langsung diberlakukan dan dilakukan oleh anggota LAM. Lalu, hasil pemilihan disahkan dalam sidang tertinggi LAM FH Unsrat," jelas Kurnia.

Menutup kalimatnya, Kurnia mengharapkan pengurus LAM FH Unsrat periode 2019-2020 bisa menjadi suksesor yang lebih baik daripada pendahulunya, baik dalam bertindak dan dalam berkontribusi bagi Fakultas Hukum Unsrat.

"Saya berharap kepengurusan yang baru dapat semakin meningkatkan tindakan-tindakan advokasi dalam lingkup kampus maupun kepada masyarakat. Semoga kalian juga bisa terus mendukung program pimpinan fakultas, melalui pelaksanaan kegiatan yang dapat mendongkrak peningkatan akreditasi Fakultas Hukum Unsrat. Selamat melanjutkan tongkat estafet LAM FH Unsrat, selamat melayani, selamat berproses dan terus lakukan yang terbaik. Fiat Justitia Et Pereat Mundus, Viva LAM," tutup Kurnia.
Acara pelantikan diramaikan dengan kehadiran sejumlah perwakilan ormawa dan organisasi ekstra di FH Unsrat: Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Komisariat Justitia dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hukum.

Para pimpinan fakultas juga menyempatkan diri untuk mengikuti prosesi pelantikan tersebut, di antaranya adalah Dekan Fakultas Hukum, Dr. Flora Pricilia Kalalo, S.H, M.H; Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FH Unsrat, Toar Palilingan, S.H, M.H beserta dosen-dosen penasehat. (Redaksi)

Peliput: Tiara Piri
Editor: Rezky Kumaat

Comments