Pra PK2MB Fispol Berjalan Kondusif, Persiapkan Maba ke Tingkat Universitas

Wakil Rektor (3) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsrat, Drs. Ronny Gosal, M.Si, saat memberikan arahan kepada maba di Aula Fispol.

FISPOL, ACTA DIURNA – Rangkaian kegiatan pra Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado telah berhasil digelar dengan aman, lancar dan tertib pada Kamis (25/7/2019) hingga Jumat (26/7/2019).

Kegiatan pra PK2MB dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru di kampus dan mempersiapkan mental dan fisik mereka sebelum mengikuti kegiatan resmi PK2MB Unsrat yang akan berlangsung selama tiga hari di Kampus "Si Tou Timou Tumou Tou" itu.

Kepada ACTA DIURNA, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fispol, Herald Balirante dan Ketua Panitia PK2MB Fispol, Sinyo Bawintil, telah berkomitmen untuk melakukan segala hal dibutuhkan demi menyukseskan kegiatan PK2MB serta mempersiapkan fisik dan mental para mahasiswa baru agar bisa mengikuti kegiatan ini sampai akhir.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan ormawa, pimpinan fakultas dan panitia agar dapat bersama-sama menyukseskan kegiatan ini. Dengan adanya koordinasi yang aktif dan masif antara ketiga elemen ini, maka kami tentunya akan bisa memback up segala bentuk kesulitan, tantangan dan hambatan yang mungkin terjadi selama proses kegiatan ini,” jelas Herald.

“’Kampus Gotong-Royong’ merupakan slogan kita pada tahun 2019. Ketika siklus gotong-royong terjadi di antara seluruh ormawa, panitia dan pimpinan fakultas, maka kedepannya kami pasti mampu menjaga pelaksanaan kegiatan di Fispol agar berjalan sesuai aturan. Begitupun dengan panitia, kami menegaskan agar tidak ada panitia yang bertindak diluar regulasi. Jika ada yang melanggar pastinya akan ditindak tegas,” tandas Ketua BEM Fispol itu.

Senada dengan itu, Sinyo Bawintil selaku Ketua Panitia PK2MB Fispol semakin menegaskan komitmen tersebut.

“Kami panitia akan terus berkoordinasi dengan BEM Fispol dan pimpinan fakultas untuk mengawal kegiatan PK2MB agar berjalan dengan regulasi yang ada. Dalam langkah-langkah yang kami ambil kedepannya, kami akan lakukan dengan semangat gotong-royong. Sehingga hasil dari PK2MB ini bersifat objektif dan terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan,” tutur Sinyo.

“Panitia sendiri sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan mental  dan fisik mahasiswa baru di masa pra PK2MB, agar kedepannya mereka bisa siap sepenuhnya untuk mengikuti kegiatan resmi PK2MB Unsrat. Kami juga telah memperkenalkan tentang kultur di kampus yang harus mereka pahami dan ikuti, guna menambah kesadaran dan kesiapan mereka menyambut PK2MB Unsrat,” ucap Sinyo.

Sementara itu, seorang mahasiswa baru yang terpilih sebagai Jendril di PK2MB Fispol, Akila Polii, memberikan kesannya terhadap kegiatan pra PK2MB yang telah selesai digelar di Kampus Gotong-Royong itu.

“Selama mengikuti rangkaian kegiatan pra PK2MB di Fispol, saya merasa kegiatan ini berlangsung dengan layak, netral, tanpa paksaan dan kami mengikuti kegiatan ini dengan senang hati,” ungkap Akila.

“Walaupun dalam proses mempersiapkan mental dan fisik kami untuk mengikuti kegiatan PK2MB Unsrat barulah 70%, belum 100%, tapi kami sendiri akan lebih giat lagi untuk mempersiapkan segala kelengkapan-kelengkapan yang diperlukan dan semakin mempersiapkan diri kami sendiri. Namun, secara keseluruhan kami sudah siap ikut PK2MB,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan ACTA DIURNA, pra PK2MB Fispol berlangsung dengan aman, kondusif, dan sarat akan kebersamaan selama dua hari pelaksanaan kegiatan. Semuanya berlangsung dengan gotong royong, tidak ada tindak kekerasan dan intimidasi berlebih yang melanggar aturan dilakukan oleh panitia kepada 453 orang maba yang mengikuti kegiatan tersebut. Semua yang dilakukan dimaksudkan untuk membentuk karakter, mental dan fisik maba yang ideal untuk bisa bertahan dan berproses di lingkungan kampus sebagai mahasiswa. (Redaksi)

Peliput: Farqam Mamonto/ Indah Katuuk
Editor: Mineshia Lesawengen

Comments