PK2MB Unsrat Selesai, Selamat Datang Mahasiswa Baru 2019

Suasana penutupan PK2MB Unsrat tahun 2019. (Dokumentasi Unsrat)


UNSRAT, ACTA DIURNA – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado resmi menutup rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) pada Rabu (31/7/2019). Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, beserta jajaran secara langsung menutup kegiatan tersebut di gedung auditorium kampus.

Dalam sambutan penutup Prof. Kumaat kepada 4.600 mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi akhir, beliau ingin para maba bangga karena telah resmi menjadi mahasiswa Unsrat dan menjadikan hal ini sebagai motivasi dalam berkegiatan di dunia perkuliahan.

“Dari hampir 20.000 calon mahasiswa baru yang mendaftar masuk Unsrat, hanya 4.600 orang yang berhasil diterima, sedangkan 15.000 lainnya tidak mendapatkan kesempatan itu. Kalian harus bangga bisa berada dan menjadi bagian dari Unsrat. Proud to be Unsrat!” ujarnya.

“Harus diingat bahwa motivasi kalian untuk masuk Unsrat adalah karena ingin menjadi seorang sarjana dan kemudian dapat memperoleh pekerjaan untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa. Saya tidak mau mendengar ada mahasiswa angkatan 2019 yang masuk Unsrat lalu menjadi pengacau, menjadi pemberontak, menjadi tukang tidur dan tukang pembawa hoax,” tegas Ibu Rektor.

Setelah masuk Unsrat, lanjut Prof. Kumaat, ada tiga kemampuan dasar yang wajib kalian kuasai. Pertama adalah menetapkan apa tujuan kalian masuk Unsrat, seperti yang saya katakan tadi. Kedua adalah kemampuan manajemen pengelolaan waktu yang baik. Ketiga adalah team work, yaitu kemampuan kalian untuk bekerja sama.

Jika ada dosen-dosen yang meminta uang sebagai syarat untuk meluluskan kalian, jika ada jual beli nilai, jika ada jual beli skripsi, segera laporkan hal tersebut. Kalau kalian tidak laporkan, berarti kalian melegalkan hal-hal yang tercela itu terjadi. Segera sikat dan babat hal-hal seperti itu, tambah Prof. Kumaat.

Pesan terakhir Rektor Unsrat sebelum kegiatan PK2MB ditutup adalah maba harus menjadikan masa ini sebagai ajang mempersatukan dan kerukunan bagi seluruh civitas akademika disebelas fakultas yang ada pada Kampus Si Tou Timou Tumou Tou.

“PK2MB ini diharapkan dapat merajut persatuan. Sesudah pertemuan ini kalian harus hidup rukun, baik dalam fakultas masing-masing maupun dengan fakultas yang lain,” tutup Srikandi Unsrat itu.

Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsrat, Tommy Tompolumiu, menaruh harapan besar kepada para maba agar bisa menjadi calon pemimpin dan suksesor yang lebih baik dari pada senior-senior mereka dalam rangka memajukan kampus tercinta kita.

“Kami dari BEM Unsrat berharap begitu besar kepada mahasiswa baru angkatan 2019 agar bisa belajar sesuai dengan apa yang dipelopori oleh Tri Dharma perguruan tinggi. Kalian harus bisa aktif dalam organisasi, baik ditingkat universitas maupun tingkat fakultas, dan kalian harus mampu mensosialisasikan ilmu yang dipelajari dalam universitas untuk diabdikan kepada masyarakat yang ada di Nusantara, khususnya di Sulawesi Utara,” ungkap Tommy.

“Kami semua berharap agar mahasiswa baru angkatan 2019 bisa mampu untuk bersaing dan menjadi lebih baik dengan para senior-senior yang terdahulu, serta mampu menjadi mahasiswa yang unggul dan berbudaya sesuai dengan tema kita pada PK2MB tahun ini,“ pesan Tommy.

Acara penutupan PK2MB Unsrat berlangsung dengan edukatif, kondusif, semarak, meriah dan penuh hadiah/doorprize (sepeda dan smartphone) yang diberikan oleh Kapolda Bali, Irjen. Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M, kepada civitas akademika Unsrat jika berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan.

Kapolda Bali sendiri hadir sebagai tamu dan pemateri dalam kuliah umum di sela-sela kegiatan penutupan PK2MB Unsrat 2019, sehingga menambah keragaman dan esensi positif dari kegiatan ini. (Redaksi)

Peliput: Brien Raintung/Lorenzky Kurama
Editor: Dhiva Citraningtyas/Regina Pandeinuwu

Comments