Panitia PK2MB Fispol Unsrat 2019 Resmi dibentuk

Foto bersama BEM Fispol dan Panitia PK2MB Fispol usai kegiatan pelantikan.

Fispol, ACTA DIURNA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado telah resmi membentuk dan melantik panitia kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB)  di Aula Fispol pada Selasa (16/7/2019).

Kepada ACTA DIURNA, Ketua  BEM Fispol, Herald Balirante, mengharapkan agar panitia yang telah dikukuhkan dapat menyukseskan kegiatan PK2MB di Fispol secara gotong-royong, berlandaskan aturan dan berlangsung kondusif.

“Selaku Ketua BEM Fispol saya berharap kiranya panitia dapat bekerja secara bergotong-royong dan bersama-sama untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Saya juga berharap setiap delegasi dari tiap-tiap ormawa Fispol Unsrat yang menjadi panitia dapat membuat kegiatan tersebut menjadi kondusif dan dapat menciptakan suatu situasi yang damai dengan mengikuti aturan serta fungsi yang ada, agar mahasiswa baru dapat merasa tentram dan damai dalam menjalankan kegiatan tersebut,” harap Herald.

“Panitia PK2MB Fispol Unsrat akan diawasi langsung oleh BEM dan badan pengawas yang telah dibentuk oleh pihak DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa, red). Saya menjamin bahwa pelaksanaan PK2MB dapat berjalan sesuai dengan regulasi. Ketua panitia juga akan selalu berkoordinasi dengan saya sehingga sebagai Ketua BEM pun bisa berkoordinasi dengan pimpinan-pimpinan fakultas terkait dengan pelaksanaan kegiatan PK2MB di Fispol Unsrat,” tambah Herald.

Usai resmi dibentuk, persiapan Panitia PK2MB Fispol barulah memasuki tahapan awal dan akan segera melaksanakan rapat perdana pada Kamis (18/7/2019).

“Untuk tahapan awal, masih ada banyak hal yang akan dipersiapkan panitia menyesuaikan dengan kebutuhan dalam kegiatan PK2MB Fispol. Usai dilantik kemarin, setiap seksi panitia juga telah diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya soal hal-hal apa saja yang akan diperlukan oleh setiap seksi panitia demi menyukseskan PK2MB Fispol,” papar Ketua Panitia PK2MB Fispol Unsrat, Sinyo Bawintil.

“Saya selaku ketua panitia akan aktiv berkoordinasi dengan semua anggota panitia, lebih khususnya dengan semua teman-teman koordinator dari setiap seksi agar proses kegiatan PK2MB akan berjalan sesuai dengan regulasi yang ada. Karena selaku ketua panitia, saya selalu menitikberatkan agar dalam setiap proses organisasi, kerja-kerja organisasi harus sesuai dengan garis koordinasi,” tandas Sinyo.

Selain itu, menanggapi keluhan-keluhan dan isu-isu soal adanya intervensi berlebih dari pihak panitia dosen kepada pihak panitia mahasiswa PK2MB Fispol yang terjadi pada tahun sebelumnya dan berpotensi terjadi pada penyelenggaraan tahun ini, Herald Balirante dan Sinyo Bawintil memberikan pendapat mereka.

“Soal itu kita harus melihat terlebih dahulu keadaan yang terjadi dengan se objektif mungkin. Saya kurang sepakat dengan kata intervensi, karena saya berpikir terkadang para dosen hanya memberikan pendapat mereka, namun hal itu kita anggap sebagai intervensi. Mungkin saja mereka melakukan itu karena ada panitia melakukan kesalahan dan pada saat itulah elemen-elemen yang lain bisa memberikan kritik, masukan serta pendapat mereka. Disini saya menganggap intervensi tersebut sebagai sebuah masukan dan pendapat dari pihak dosen,” tutur Herald.

“Jikalau memang ada sebuah kekeliruan yang dilakukan panitia dosen dalam kegiatan, baik dalam bertindak maupun dalam memberikan pendapat mereka, mari kita mengkaji hal itu terlebih dahulu dan melihat dari sudut pandang yang objektif, siapa yang benar-benar salah dan siapa yang benar. Setelah itu kita cari solusi dari persoalan ini bersama-sama,” pungkas mahasiswa semester 6 Jurusan Ilmu Pemerintahan Fispol Unsrat itu.

Senada dengan itu, Sinyo ingin melihat segala sesuatunya secara objektif dan ingin aktiv membangun koordinasi dengan BEM dan panitia dosen agar tidak ada miskomunikasi dan saling intervensi satu sama lain dalam pelaksanaan kegiatan PK2MB Fispol tahun ini.

“Dalam proses PK2MB saya selaku ketua panitia akan saling berkoordinasi dengan ketua BEM agar dapat membangun koordinasi selanjutnya dengan panitia dosen sehingga semua bisa berjalan sesuai dengan regulasi. Makanya dalam hal ini kami selaku panitia mahasiswa PK2MB akan selalu mengambil langkah-langkah objektif, agar setiap pendapat-pendapat yang kami tawarkan kepada panitia dosen bisa berjalan sesuai dengan regulasi sehingga dapat mempertimbangkan semua proses pelaksanaan dalam berjalannya PK2MB. Supaya tidak ada saling intervensi antara satu sama lain dan juga tidak ada saling kecewa dengan tindakan dan pendapat masing-masing antara panitia dosen dan panitia mahasiswa,” tutup Sinyo.

Diketahui, jumlah panitia PK2MB Fispol Unsrat adalah 124 orang yang merupakan perwakilan mahasiswa dari 5 jurusan dan 13 organisasi mahasiswa yang ada di Kampus Reformasi.

Dengan demikian, pertemuan perdana mahasiswa baru Fispol Unsrat tahun ajaran 2019/2020 bersama panitia akan berlangsung pada Selasa (23/7/2019); kegiatan pra PK2MB Fispol akan digelar pada Kamis (25/7/2019) hingga Jumat (26/7/2019); dan pelaksanaan PK2MB serentak di sebelas fakultas yang ada di Unsrat akan berlangsung pada Senin (29/7/2019). (Redaksi)

Peliput: Theo Rompas/Andre Marentek
Editor: Rezky Kumaat

Comments