Mahasiswa KKT-121 Unsrat Ajak Warga Inobonto ll Sadar Lingkungan


Potret kebersamaan mahasiswa KKT 121  Unsrat bersama pemuda Desa Inobonto ll.

BOLAANG MONGONDOW, ACTA DIURNA – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Terpadu (KKT) angkatan 121 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Posko Desa Inobonto ll terus proaktif menjalankan program kerja (tematik dan non tematik) di tempat mereka ber KKT.

Kali ini, dalam rangka meningkatkan kepedulian dan kesadaran bagi seluruh masyarakat desa akan pentingnya lingkungan hidup yang bersih, mahasiswa KKT 121 Unsrat bersama pemuda-pemudi desa Inobonto ll melakukan kegiatan bertajuk Jumat Bersih pada Jumat (19/7/2019).

Kepada ACTA DIURNA, Koordinator Posko KKT 121 Unsrat di Desa Inobonto ll, Renaldo Garedja, mengungkapkan bahwa kegiatan non tematik ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat Desa Inobonto ll terhadap pentingnya merawat dan menjaga lingkungan hidup.

“Apa yang kami buat hari ini merupakan gerakan penyadaran terhadap masyarakat sekitar untuk lebih memahami dan menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ujar mahasiswa semester 6 Jurusan Ilmu Pemerintahan Fispol Unsrat itu.

“Program jumat bersih ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat akan bahaya sampah di kemudian hari dan selalu melestarikan lingkungan hidup disekitarnya,” tambah Renaldo.

Selain itu, segenap pemuda Desa Inobonto ll menilai baik kinerja mahasiswa KKT 121 Unsrat yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan edukatif tersebut.

“Kami menilai kinerja dari mahasiswa yang melakukan KKT di desa ini sudah baik. Karena setiap ada kegiatan yang sudah menjadi rutinitas kami disini, salah satunya yang menyangkut kebersihan, mahasiswa KKT selalu siap memberi diri. Kami sangat mengapresiasi hal itu,” pungkas Roma yang merupakan salah pemuda di Desa Inobonto ll.

Diketahui, selama 15 hari berada di Desa Inobonto ll, mahasiswa KKT 121 telah melaksanakan sejumlah program kerja non tematik: membersihkan pantai dan lingkungan (got), senam pagi, Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), bimbingan belajar (home schooling), periksa tekanan darah gratis (setiap hari) dan pojok literasi (setiap hari).

Kedepannya, masih ada beberapa program kerja (tematik dan non tematik) yang telah diwacanakan dan sedang dalam proses penyelesaian, di antaranya adalah pemutakhiran data di website desa/Sistem Informasi Desa (Simdes), video potensi desa dan sejarah desa, pelatihan IT bagi operator desa, seminar tentang Napza bagi siswa SMA yang akan dilaksanakan pada Rabu (24/7/2019) dan peningkatan kapasitas aparat desa pada Jumat (26/7/2019). (Redaksi)

Peliput: Renaldo Garedja

Editor: Rezky Kumaat

Comments