Mahasiswa KKT-121 dan FH Unsrat Adakan Penyuluhan Hukum

Foto bersama mahasiswa KKT-121 Unsrat, dosen Fakultas Hukum dan warga/aparat desa di wilayah Kecamatan Poigar usai kegiatan Penyuluhan Hukum.



BOLAANG MONGONDOW, ACTA DIURNA – Berlandaskan sinergitas dan semangat gotong royong, para mahasiswa peserta KKT-121 Unsrat Manado yang ada di Kecamatan Poigar bekerja sama dengan Fakultas Hukum Unsrat untuk mengadakan kegiatan Penyuluhan Hukum bagi masyarakat dan aparat desa yang ada disana.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Poigar pada Kamis (25/7/2019) itu, dihadiri oleh perwakilan masyarakat dan aparatur desa dari lima desa yang ada di Kecamatan Poigar; Desa Poigar 1, Poigar 2, Tiberias, Gogaluman dan Wineru.

Kepada ACTA DIURNA, Dr. Mercy Setlight, S.H, M.H, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari posko-posko mahasiswa KKT-121 Unsrat di Kecamatan Poigar, menjelaskan esensi utama dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Penyuluhan Hukum merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari Tridharma perguruan tinggi, dalam hal ini Penyuluhan Hukum mengambil bagian dalam aspek pengabdian kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini elemen-elemen perguruan tinggi saling bersinergi, baik itu dosen sebagai tenaga pendidik, mahasiswa dan para pegawai sebagai tenaga kependidikan,” jelas Dr. Mercy.

“Kegiatan Penyuluhan Hukum sangat penting untuk diketahui masyarakat dan strategis untuk dilaksanakan pada saat ini, karena berkaitan dengan pemahaman dan pencerdasan tentang hak dan kewajiban yang perlu diketahui masyarakat dalam bidang pertanahan. Seperti halnya program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, red) dari pemerintah yang perlu diketahui masyarakat,” tambah dosen Fakultas Hukum Unsrat tersebut.

Selain itu, Dr. Mercy menilai kinerja mahasiswa KKT-121 Unsrat dari kelima posko di Kecamatan Poigar begitu baik dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Sebagai DPL tentunya merasa bangga karena para mahasiswa mampu untuk melaksanakan kegiatan non tematik ini dengan penuh semangat dan selama ini tetap menjaga nama baik Universitasa Sam Ratulangi,” salut Dr. Mercy.

Suasana kegiatan Penyuluhan Hukum di Aula Kantor Kecamatan Poigar.


Sementara itu, Koordinator Posko KKT-121 Unsrat di salah satu desa di Kecamatan Poigar mengharapkan agar kegiatan ini bisa memberikan pengaruh dan dampak baik kepada masyarakat sesuai dengan tema kegiatan, yaitu “Pentingnya Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat yang Ada di Bolaang Mongondow.”

“Dampak yang kami harapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bisa memberikan kesadaran hukum bagi masyarakat di Kecamatan Poigar. Dengan adanya Penyuluhan Hukum ini, semoga dapat menghasilkan solusi-solusi terkait persoalan-persoalan hukum masih sarat terjadi di tengah masyarakat di desa-desa pada Kecamatan Poigar,” ujar Tiara Piri yang merupakan Korpos KKT-121 Unsrat di Desa Wineru.

“Karena salah satu tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini, selain merupakan bagian dari program kerja non tematik mahasiswa KKT-121 Unsrat di Kecamatan Poigar, kegiatan ini juga untuk mengedukasi segenap warga dan aparat desa tentang pentingnya memiliki kesadaran tentang dunia hukum,” tandas Pimpinan Umum (PU) Pers Mahasiswa “Acta Diurna” Fispol Unsrat itu.

Di lain sisi, respon positif datang dari Sekretaris Desa Wineru, Decky Tuturoong, yang merupakan salah satu peserta dalam kegiatan tersebut.

"Kami sangat bersyukur karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga dan pemerintah desa di wilayah Kecamatan Poigar. Karena dalam beraktivitas sehari-hari kami juga perlu mengikuti dan mengetahui cara menangani peristiwa-peristiwa hukum yang terjadi. Kami mengucapkan banyak terima kasih, walaupun hanya secara singkat materi yang kami dapati tapi itu sudah bisa menjadi dasar bekal kami," ujar Sekdes Wineru.

"Semoga adik-adik mahasiswa peserta KKT-121 Unsrat yang telah memfasilitasi kegiatan ini kedepannya bisa berhasil dalam studi, dilancarkan segala rencana kalian kedepannya dan semoga bisa berhasil dalam menggapai cita-cita," tutup Decky.

Dalam kegiatan tersebut, materi Penyuluhan Hukum diberikan oleh para dosen dari Fakultas Hukum dan dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unsrat, Kris Tumbel. Kegiatan sendiri berlangsung dengan edukatif dan interaktif antara pemateri dan peserta kegiatan. (Redaksi)

Peliput: Tiara Piri
Editor: Rezky Kumaat

Comments