Akreditasi A Prodi Sosiologi Tandai Kemajuan Akademik Fispol Unsrat

Jajaran pimpinan Fispol Unsrat bersama Jurusan Sosiologi.

FISPOL, ACTA DIURNA Jurusan Sosiologi membuat sebuah terobosan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado dengan menjadi satu-satunya program studi berakreditasi A di “Kampus Reformasi” itu.

Program Studi Sosiologi berhasil mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No.2488/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 setelah melalui rangkaian proses verifikasi dan visitasi dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 20-22 Juni 2019.

Ketua Jurusan Sosiologi, Dr. Shirley Y.V.I. Goni, S.Sos, M.Si, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian yang telah diperoleh dan mengapresiasi semua pihak yang mengambil bagian dalam proses akreditasi tersebut.

“Ini menjadi suatu tantangan, untuk bagaimana nanti menjadi lebih baik lagi kedepan. Karena ini merupakan hal baru, yang tentunya kita dapatkan dengan segala perjuangan, proses dan kerja keras baik dari dosen, pimpinan fakultas, mahasiswa serta tenaga kependidikan,” ujar Dr. Shirley kepada pewarta ACTA DIURNA pada Kamis (18/7/2019).

Setelah memperoleh akreditasi A, Dr. Shirley menginginkan agar pencapaian ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa Program Studi Sosiologi ketika bersaing di dunia kerja nantinya.

“Hal yang utama juga dalam proses akreditasi ini adalah bagaimana supaya mahasiswa saat keluar dari jurusan sosiologi memiliki suatu keahlian, modal, sehingga benar-benar terlihat bahwa sosiologi itu dibutuhkan dalam dunia kerja. Tentunya tenaga pendidik itu yang harus mempersiapkan mahasiswa,” tandasnya.

Respon baik juga datang dari kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi. Ketua Himaju Sosiologi Fispol, Nurhadiyono, dan Wakil Ketua Himaju Sosiologi Fispol, Lois Noling, memberikan tanggapan mereka terhadap hasil yang dicapai oleh jurusan mereka itu.

“Prodi kami mendapat akreditasi A merupakan suatu perkembangan yang luar biasa. Hal itu pun ditunjang dengan fasilitas yang lengkap, serta koordinasi dari pimpinan jurusan dengan pengurus himaju,” tutur Nurhadiyono.

“Saya merasa bangga tentunya dengan pencapaian ini. Karena akreditas A ini bukanlah hal yang diperoleh dengan proses yang instan, melainkan dengan kerja keras dan usaha. Sehingga Prodi Sosiologi bisa menjadi satu-satunya prodi yang terakreditasi A di Fispol,” sambung Lois.

Atas pencapaian ini, Dekan Fispol Unsrat, Dr. Drs. Novie Pioh, M.Si, berterima kasih kepada civitas akademika yang telah bekerja keras untuk semakin memajukan kualitas akademik di Fispol.

“Saya sebagai pimpinan fakultas tentunya sangat mengapresiasi tentang kemajuan akademik yang berada di institusi kita (Fispol, red). Hal ini nyata ketika Jurusan Sosiologi melalui BAN-PT sudah mendapatkan nilai 361 dalam kategori terakreditasi A,” ucap Dekan.

“Karena itu, saya menyampaikan terima kasih kepada segenap civitas akademika Fispol. Terlebih khusus Jurusan Sosiologi, baik dosen, mahasiswa, bahkan pegawai dan terlebih bagi ketua jurusan yang sudah menghasilkan akreditasi A. Karena untuk mendapat akreditasi A itu tidak gampang. Sepanjang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ada, baru saat ini kita mendapat nilai A untuk prodi bahkan jurusan. Nah, jurusan yang pertama mendapat nilai A adalah Jurusan Sosiologi,” imbuhnya.

Di akhir kata, Dekan mengharapkan agar kedepannya Fispol semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dengan terus berkembangnya kampus ini. Dekan juga mengimbau kepada seluruh jurusan yang ada di Fispol agar semakin meningkatkan kinerjanya sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi, karena tiga aspek yang di dalamnya merupakan dasar utama dari reakreditasi. (Redaksi)

Peliput: Veronika Anthony/Dhiva Citraningtyas
Editor: Regina Pandeinuwu

Comments