Unsrat Matangkan 3.632 Mahasiswa Peserta KKT-121 Pra Turun Lapangan

Rektor Unsrat beserta jajaran panitia KKT 121 dan mahasiswa peserta KKT 121. (Foto Dokumentasi Unsrat) 


Unsrat, ACTA DIURNA - Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado telah selesai mengadakan pembekalan bagi 3.632 mahasiswa yang akan mengikuti Kuliah Kerja Terpadu (KKT) angkatan 121 di 200 desa dan dua kelurahan yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Talaud. Sesi pembekalan KKT 121 berlangsung pada Rabu (26/6/2019) hingga Jumat (28/6/2019).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Unsrat, Prof. Dr. Ir. Charles Lodewijk Kaunang, MS, yang telah membuka seluruh rangkaian kegiatan pembekalan mengharapkan supaya seluruh mahasiswa bisa menyimak dengan baik segala materi yang diberikan dalam sesi ini.

"Kepada seluruh mahasiswa, kami mohon agar fokus ketika mengikuti pembekalan. Karena tiga hari pembekalan yang kalian ikuti akan menentukan hasil kalian saat berada di lapangan. Ada materi program tematik dan program non tematik yang akan kalian dapatkan disini. Ini penting karena dua program tersebut merupakan tugas kalian di lapangan nantinya," tutur Mner Kaunang.

"Kegiatan KKT merupakan bagian dari mata kuliah. Saat akan ujian skripsi nanti, sertifikat KKT akan ditagih kepada kalian sebagai salah satu syarat agar bisa melaksanakan ujian. Jadi jika kalian tidak ikut KKT, kalian tidak akan bisa ujian. Prosesnya dimulai dari saat pembekalan hingga turun di lapangan selama 23 hari dan sampai akhirnya kalian membuat laporan," tambah beliau.

Senada dengan itu, Koordinator Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata Terpadu (P3KKNT) Unsrat, Dr. Ir. Rignolda Djamaluddin, M.Sc, menjelaskan secara garis besar manfaat dan tujuan utama dari sesi pembekalan KKT 121 ini.

"Tujuan dari pembekalan ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan berbagai keterampilan serta pelajaran yang didapatkan selama pembekalan yang dilangsungkan selama tiga hari. Agar nantinya mahasiswa sudah tahu cara beradaptasi dengan masyarakat dan dapat membawa nama baik Unsrat di daerah para mahasiswa akan ditempatkan nantinya," jelasnya.

Diketahui, tahapan selanjutnya dari KKT 121 adalah panitia akan mengevaluasi secara online setiap materi yang telah diberikan selama sesi pembekalan oleh para narasumber kepada seluruh mahasiswa peserta KKT 121. (Redaksi)

Peliput: Tiara Piri
Editor: Rezky Kumaat

Comments