Latihan Kepemimpinan Himaju Pemerintahan diharapkan Sumbang Pemimpin Masa Depan

Segenap pengurus Himaju Pemerintahan Fispol Unsrat dan panitia kegiatan latihan kepemimpinan.


Fispol, ACTA DIURNA – Guna mempersiapkan kader-kader mahasiswa yang kelak menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang, Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju) Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar kegiatan latihan kepemimpinan bertajukan “Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa yang Berkualitas dan Berwawasan Luas” di Lembah Doa Tinoor pada Kamis (9/5/2019) hingga Jumat (10/5/2019).

Kepada ACTA DIURNA, Ketua Himaju Pemerintahan, Aldy Sumangando, menuturkan tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini.

“Tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini, yaitu untuk menanamkan pembentukan jiwa seorang pemimpin, sikap kepemimpinan, meningkatkan kepercayaan diri, membangkitkan rasa semangat dan kreativitas verbal, serta untuk membangun karakter peserta dari segi kepedulian dan lain sebagainya,” tuturnya.

Aldy juga mengharapkan agar supaya kegiatan ini memberikan dampak yang riil kepada para peserta kegiatan sehingga mereka dapat berlaku sebagai seorang pemimpin yang ideal dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga dari kegiatan ini para mahasiswa dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya layaknya seorang pemimpin yang baik bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan sekitar mereka. Karena nantinya para mahasiswa akan menghadapi era persaingan dunia kerja yang tidak mudah dan tidak sama dengan kehidupan di dunia kampus,” tambah Aldy.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Latihan Kepemimpinan, Halen Mogot, menginginkan output dari kegiatan ini bisa menjadi pemacu bagi seluruh peserta untuk melatih kemampuan mereka mempraktekan teori di lapangan.

“Harapan saya dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberi stimulus  dan semangat baru untuk mengembangkan kemampuan dari segi teori dan segi praktik dalam menjalankan organisasi,” ucapnya.

“Selebihnya, para peserta yang telah diberikan pengetahuan tentang sikap, perilaku seorang organisator dan kepemimpinan yang matang, diharapkan mereka bisa tangguh dalam menghadapi berbagai macam persoalan. Ini menjadi bekal bagi para mahasiswa-mahasiswi yang telah mengikuti kegiatan ini sehingga kedepannya mereka mampu untuk menjalankan roda organisasi dengan baik dan benar dimanapun mereka berada,” tutup Halen.

Para peserta sementara mengikuti rangkaian kegiatan Latihan Kepemimpinan Himaju Pemerintahan.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 30 peserta yang merupakan mahasiswa-mahasiswi Jurusan Ilmu Pemerintahan Fispol Unsrat dikenyangkan dengan ragam pengetahuan baik secara teoritis dan praktis yang disajikan para pemateri diskusi: Dr. Ferry Liando,  S.IP, M.Si; Josef Kairupan, MIP; Boy Paparang, S.IP; Renaldo Garedja. (Redaksi)

Penulis: Rezky Kumaat

Comments