Tri Dharma Perguruan Tinggi Diterapkan Didesa Padang Lalow



 Foto : Terlihat Mahasiswa KKT Disenangi Anak Anak Desa Padang Lalow

Acta Diurna – Kabupaten Bolaang Mongondow (bolmong) ditahun ini menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKT). Sebanyak 1283 dan tersebar didesa desa yang ada di kabupaten Bolmong. Desa padang lalow salah satunya, mahasiswa yang ber KKT didesa padang lalow sangat membaur dengan masyarakat. Terlihat dilapangan mahasiswa yang ada, sangat akrab dengan anak anak desa padang lalow dan masyarakat serta perangkat desa.

Setelah dilepas pada tanggal 7 Juli yang lalu mahasiswa yang ber KKT langsung disambut dan dijemput oleh para sangadi. Ahadin Pontoh sangadi desa padang lalow mengatakan kepada pewarta bahwa “pemerintah dan masyarakat desa sangat berterimakasih akan kehadiran mahasiswa, mahasiswa yang ber KKT didesa padang lalow sangat cepat akrab dengan masyarakat dan para aparatur desa yang ada. Ahadin juga mengatakan bahwa mahasiswa sangat membatu perangkat desa untuk mensensus kembali masyarakat yang ada karna desa kami desa pemekaran dan data masyarakat ada yang belum terdaftar seperti anak baru lahir dan yang baru ketambahan. Ahadin juga menambahkan bahwa mahasiswa unsrat dengan keilmuan masing masing sangat membantu masyarakat dan menambah sumberdaya manusia desa kami, ada yang dari kesehatan dari hukum kelautan peternakan social dan politik teknik serta ekonomi, dengan basic keilmuaannya mahasiswa mampu menerapkannya didesa” kami sangat berterimakasih tutup Sangadi padang lalow.

Mahasiswa yang ditempatkan didesa padang lalow tercatat sebagi berikut. Migel yohanes kamu (Hukum) Defrianto Rading (Peternakan) Aldo Regel (FEB) Oldy Dumanauw (FKM) Yunus Watumlawar (Kelautan) Chrisdayanti Mamintade (FEB) Andre Pratama (FEB) Paramitha Mulyono (FKM) Christian Sojow (Teknik) Nirmala Mokodompit (Hukum) Aprilia Nesia (Fisip) Baladewa Setlight (Fisip) Jesica Rundupadang (FEB).

Terlihat juga didesa bahwa setiap pagi mahasiswa memeriksa tekanan darah pada masyarakat dan sedang melakukan sensus penduduk, menurut salah satu mahasiswa dari Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulagi Manado, Defrianto Rading mengatakan “ kami akan melakukan tridarma perguruan tinggi yaitu mengabdi pada masyarakat, karna itu walaupun kami hanya 23 hari mengabdi tapi kami akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat padang lalow, kami akan berusaha bersentuhan secara tulus dengan masyarakat dan membantu perangkat desa” Ucap Defry.
Dari pantauan terlihat bahwa mahasiswa yang melakukan KKT didesa padang mempunyai beberapa program diataranya:
Website desa
Sistem informasi desa (simdes)
Pendampingan dana desa
Sosialisasi kebangsaan untuk generasi muda
Sosialisasi PHBS (Perilaku hidup bersih dan sehat)
Pendampingan serta pengajaran pembukuan pada usaha kecil
Serta pengukuran tekanan darah

Masyarakat terlihat senang dengan kehadiran mahasiswa dan masyarakat juga terlihat membantu setiap kegiatan yang dilakukan mahasiswa yang melakukan KKT didesa padang lalow, menurut salah satu warga Ferdy Pontoh mengatakan “ Kami sangat senang akan kehadiran mereka, mereka bisa dengan cepat membaur dan langsung melaksanakan programnya dihari mereka sampai yaitu sosialisasi dengan perangkat desa, selama mereka berada disini juga mereka turun langsung membantu dan melihat susahnya warga. Jadi kami selaku warga padang lalow sangat berterimakasih dan sukses untuk mahasiswa unsrat.” Tutup Ferdy. (Baladewa Setlight)

Comments